Sunday, December 15, 2013

Jenis-Jenis Penyakit Maag

Jenis-Jenis Penyakit Maag - Penyakit Maag dapat digolongkan menjadi beberapa bagian berdasarkan dari tingkat keparahannya. Berikut ini adalah sajian informasi mengenai penyakit maag atau asam lambung, jenis penyakit maag dan makanan dan minuman yang kurang baik dikonsumsi. Berikut simak informasinya.
Penyakit Maag adalah suatu infeksi yang menyerang lambung dan bisa mengakibatkan luka dan peradangan. Penyakit ini disebabkan oleh kelebihan asam yang diproduksi di dalam lambung sehingga terjadi iritasi.
 

Jenis-Jenis Penyakit Maag


Dalam dunia medis, penyakit maag dapat dibagi menjadi 2 bagian, diataranya :

Maag Akut
 
Penyakit Maag Akut adalah inflamasi akut dari lambung dan biasanya terbatas hanya pada mukosa. Penyakit maag jenis ini sering banyak di temui dan penyebab dari maag akut terjadi karena faktor stress, pemakaian zat-zat kimia tertentu, konsumsi minuman keras dan kebiasanaan memakan makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam.
 
Maag Kronis
 
Penyakit maag kronis lambung mungkin akan mengalami inflamasi kronis dari tipe gangguan tertentu yang menyebabkan maag dari tipe yang spesifik yaitu maag kronisa.  Jika Anda mengalami gangguan pencernaan dan terasa sakit yang sering serta disertai dengan gejala lain seperti perubahan abnormal pada buang air besar, hal ini jangan anggap sepele karena jika dibiarkan maka akan berakibat fatal dan kemungkinan besar Anda terkena penyakit maag kronis.
 
Klasifikasi penyakit maag dapat dibedakan berdasarkan tingkat keparahan, adapun tingkat keparahan penyakti maag adalah sebagai berikut :
  • Maag Ringan, masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan maka akan terlihat asam lambung berlebih dibagian dinding.
  • Maag Sedang, pada tahap ini penderita maag akan menemukan gejala pada lambungnya yaitu rasa nyeri, sakit dan mula yang menyakitkan.
  • Maag Kronis, maag jenis ini termasuk kedalam golongan maag parah dibandingkan dengan maag biasa.
  • Kanker Lambung, terjadi akibat mokroorganisme yang merugikan, yaitu helycobacter pylori.

Penyebab Penyakit Maag 
  • Makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya seperti mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Penderita maag tidak boleh makan telat dan jika makan tidak boleh terlalu banyak.  Jika penyakit maag sudah parah, maka sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.
  • Makanan dan minuman yang kurang baik dikonsumsi oleh penderita maag, antara lain :
  • Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung)
  • Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  • Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan pergangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatakan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat dan keju.
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung, antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus dan susu.
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, yaitu :
- Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedongdong dan buah yang dikeringkan
- Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda)
- Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol
- Buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon
 
Selain yang disebutkan diatas, makan permen khususnya permen karet dan merokok sangat tidak dianjutkan bagi penderita maag karena dapat meningkatkan gas didalam lambung.

Cara Menyembukan Penyakit Maag

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyembuhkan penyakit maag, terdapat penyembuhan secara medis dan juga tradisional. Dan pengobatan yang kami rekomendasikan untuk Anda yaitu dengan menggunakan obat herbal dari alam yang tentunya sangat terjangkau dan terhitung sangat mudah dalam pengobatannya, yaitu dengan memanfaatkan hewan laut, teripang emas. Bagaimana cara menggunakannya sebagai obat penyembuh penyakit maag atau asam lambung, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak Pengobatan Alternatif Penyakit Asam Lambung atau Maag

Itulah sajian informasi Jenis-Jenis Penyakit Maag yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber informasi yang menambah wawasan terhadap beberapa macam penyakit maag.

No comments:

Post a Comment